Ekbis

Pacu Pertumbuhan Bisnis Aceh, BSI Sosialisasi Pembiayaan Ekspor Syariah

×

Pacu Pertumbuhan Bisnis Aceh, BSI Sosialisasi Pembiayaan Ekspor Syariah

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan bisnis di Aceh dengan menggelar sosialisasi Pembiayaan Ekspor Syariah. Bersinergi dengan Kementerian Perdagangan dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank, BSI menyelenggarakan acara ini dengan fokus pada pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) eksportir di wilayah Aceh.

Kota Takengon, yang terkenal sebagai salah satu daerah produsen ekspor kopi terbesar di Indonesia, menjadi lokasi strategis untuk pelaksanaan kegiatan ini. Dalam sosialisasi ini, BSI menargetkan sektor-sektor potensial yang memiliki peluang besar untuk menjadi tulang punggung perekonomian baru di Aceh, dengan harapan dapat memacu pertumbuhan bisnis wholesale serta mengangkat ekonomi daerah secara keseluruhan.

Syahrial Alrasyid, Retail Financing and Business Deputy BSI Region Aceh, menyatakan bahwa beberapa sektor yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan adalah pertanian dan perkebunan, yang bisa dijadikan bahan ekspor, serta sektor pariwisata sebagai alternatif. Melalui proses hilirisasi dan transformasi komoditas alam di Aceh, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi daerah tersebut.

Acara ini berhasil menarik perhatian para eksportir karena dihadiri oleh para profesional berpengalaman, seperti Rusdi Dahardin dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), Bambang Jaka Setiawan dari Kementerian Perdagangan, dan tim SME Business Group serta Transaction Banking Group dari Kantor Pusat PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

Para eksportir mendapatkan materi yang sangat menarik terkait kebijakan perdagangan luar negeri dan fasilitasi akses pasar dari Kementerian Perdagangan. Selain itu, mereka juga diajarkan tentang mekanisme Penjaminan Pembiayaan oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan diberikan sosialisasi tentang program pembiayaan modal kerja UMKM ekspor oleh BSI.

Rony Kuntadi, Kepala Divisi Penjaminan LPEI, menyambut kerjasama antara LPEI dan BSI dengan penuh semangat. Ia menegaskan bahwa kerjasama ini memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan untuk mendorong pelaku UMKM berorientasi ekspor di Kawasan Aceh. Fasilitas Penjaminan Pembiayaan yang disediakan oleh LPEI memberikan kepercayaan bagi BSI untuk memberikan pembiayaan syariah kepada pelaku UMKM, sehingga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi mereka dalam menjalankan kegiatan ekspor.

Dengan potensi bisnis yang begitu besar pada sektor-sektor unggulan untuk komoditas ekspor di Aceh, BSI berkomitmen sepenuhnya untuk terus mendukung pengusaha lokal agar dapat tumbuh dan berkembang bersama. Semangat ini menjadi langkah konkret dalam mensukseskan Qanun LKS ekonomi syariah di Aceh, sehingga pertumbuhan bisnis di wilayah ini semakin berkembang pesat.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: