ADVERTORIALWisata

Aceh Vespa Festival 2023: Melintasi Batas Pariwisata dan Kreativitas UMKM

×

Aceh Vespa Festival 2023: Melintasi Batas Pariwisata dan Kreativitas UMKM

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net, Rangkaian gemuruh mesin dan semarak budaya siap menghiasi Aceh dengan kedatangan Aceh Vespa Festival 2023. Bertajuk “Jelajah Tanoh Endatu’,” festival yang dihelat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan berlangsung dari 28 hingga 30 Juli 2023 di Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Momentum ini akan menjadi pertemuan besar bagi para penggemar motor vespa untuk merayakan dan mempromosikan potensi pariwisata Aceh. Merupakan edisi kedua dari kegiatan serupa pada akhir 2022 lalu, Aceh Vespa Festival 2023 akan menyambut ribuan peserta dari berbagai komunitas, termasuk dari Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Palembang, Sumatera Utara, Pekanbaru, serta komunitas vespa yang aktif di Aceh.

Tentu saja, konvoi menjadi pemandangan yang tak terlupakan pada pagi Sabtu, 29 Juli 2023. Para peserta akan menjelajahi destinasi wisata di sekitar Banda Aceh dan Aceh Besar, memulai dari Taman Sultanah Safiatuddin, merambah Pantai Ujong Batee, hingga mencapai Benteng Indrapatra di Aceh Besar.

Almuniza Kamal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, menjelaskan kolaborasi dengan komunitas vespa dari berbagai daerah sebagai salah satu cara untuk mengangkat pariwisata Aceh. “Melalui Aceh Vespa Festival ini, kita semua bersemangat dan ingin membuktikan kepada masyarakat luar bahwa Aceh merupakan destinasi yang aman untuk berwisata, nyaman, islami dan sangat layak dikunjungi oleh komunitas vespa (otomotif) dari Indonesia maupun mancanegara,” ujarnya dengan keyakinan.

Tren pariwisata yang mengarah ke pengalaman kelompok dan komunitas kini semakin kuat. Destinasi unik dan khas seperti yang ditawarkan Aceh menarik minat wisatawan yang ingin menjelajahi lebih dari sekadar bangunan tinggi. Almuniza pun yakin bahwa festival ini akan memberikan dampak positif dalam mendukung pengembangan pariwisata berbasis komunitas. Selain itu, para pelaku usaha UMKM ekonomi kreatif (Ekraf) juga turut berperan dalam memeriahkan Aceh Vespa Festival 2023.

“Kami berharap acara Aceh Vespa Festival 2023 dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Setiap event pariwisata berbasis komunitas memiliki dampak berantai yang positif bagi masyarakat,” ungkap Almuniza.

Tidak hanya menjadi pesta bagi para pecinta vespa, Aceh Vespa Festival 2023 juga menghadirkan beragam kontes yang menantang. Dari kelas kontes original hingga modifikasi, setiap peserta akan berkompetisi dengan semangat untuk mendapatkan gelar terbaik. Tidak ketinggalan lomba foto dan video Instagram yang menjadi daya tarik tersendiri. Informasi lebih lanjut bisa diakses melalui Instagram resmi @acehvespafestival.

Melalui karnaval otomotif dan semarak budaya, Aceh Vespa Festival 2023 tidak hanya menghidupkan semangat para pecinta vespa, tetapi juga mengangkat potensi pariwisata Aceh dan mendukung perkembangan UMKM ekonomi kreatif di daerah.[adv]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close