HeadlineOtomotif

Mengintip Toyota Yaris Cross Hybrid 2024: Irit BBM dan Lebih Bertenaga

×

Mengintip Toyota Yaris Cross Hybrid 2024: Irit BBM dan Lebih Bertenaga

Sebarkan artikel ini
Toyota Yaris Cross di GIIAS 2023 [Sumber Foto/VIVA/Arianti Widya]
Toyota Yaris Cross di GIIAS 2023 [Sumber Foto/VIVA/Arianti Widya]

Habanusantara.net— Toyota Yaris Cross Hybrid 2024 hadir dengan berbagai keunggulan yang membuatnya lebih irit bahan bakar dan bertenaga. Diluncurkan pertama kali di Indonesia, Yaris Cross versi terbaru ini menawarkan kombinasi mesin bensin dan motor listrik yang canggih, menjadikannya pilihan menarik bagi penggemar SUV kompak yang peduli akan performa dan efisiensi.

Tak heran jika Toyota mengklaim bahwa Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang menjual produk barunya tersebut.

Yaris Cross sudah beredar di beberapa negara seperti Eropa, Thailand, hingga Jepang, sebelum ia tiba di pasar RI. Namun secara platform, desain, hingga powertrain berbeda dengan buatan dalam negeri.

Di Indonesia, Yaris Cross Hybrid mengkombinasikan mesin bensin 2NR-VEX bertenaga 67 kW dan torsi 121 Nm, dengan motor listrik yang menggerakkan roda depannya bertenaga 59 kW dan torsi 141 Nm. Menggunakan baterai lithium-ion sebagai sumber tenaga listriknya, teknologi ini berbeda dengan Kijang Innova Zenix produksi lokal yang menggunakan baterai berjenis non-liquid electrolyte dengan kapasitas 201,6 volt.

Untuk tipe hybrid di Eropa, Yaris Cross menggabungkan mesin bensin tiga silinder berkode M15A-FXE berkapasitas 1.500cc dengan dua motor listrik penggerak. Mobil tersebut memiliki dua penggerak listrik yang bertenaga maksimalnya mencapai 114 dk. Yaris Cross versi Eropa ini menjadi lebih bertenaga, dengan total mesin bensin dan dinamonya bisa menghasilkan tenaga 129 dk, dan torsi 185 Nm untuk versi penggerak empat roda.

Toyota di benua biru mengklaim bahwa akselerasi dari diam ke 100 km/jam hanya memerlukan waktu 10,7 detik untuk versi penggerak empat roda, atau setengah detik lebih cepat dari versi penggerak roda depan.

Platform yang lebih kompak dan teknologi yang lebih canggih memungkinkan Yaris Cross Hybrid menjadi lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan versi mesin empat silinder yang beredar di pasar Indonesia.

Di Indonesia, SUV kompak ini belum mendapatkan penyegaran karena usianya masih seumur jagung, sedangkan di Eropa, Yaris Cross baru resmi meluncur dengan sejumlah perubahan dari versi sebelumnya. Melansir Paultan, Selasa, 9 Juli 2024, Yaris Cross baru itu dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan dalam Toyota Safety Sense (TSS), yang bertugas membaca objek, marka jalan, dan gaya berkendara.

Fitur-fitur di dalam TSS meliputi Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Trace Assist, Proactive Driving Assist, Adaptive High-beam System, dan Emergency Driving Stop System.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Toyota Yaris Cross Hybrid 2024 diharapkan mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih efisien dan bertenaga, serta menjamin keselamatan pengendara dengan teknologi canggih yang disematkan. Kehadiran Yaris Cross Hybrid ini juga menunjukkan komitmen Toyota dalam menghadirkan kendaraan ramah lingkungan yang tetap memiliki performa tinggi.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: