Headline

Diskopukmdag Banda Aceh Gelar Pelatihan Vokasi Untuk Disabilitas, Dorong Inovasi dan Pemasaran Digital

×

Diskopukmdag Banda Aceh Gelar Pelatihan Vokasi Untuk Disabilitas, Dorong Inovasi dan Pemasaran Digital

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net, Dinas Koperasi UKM Kota Banda Aceh menggelar pelatihan vokasi untuk pelaku usaha mikro disabilitas, mendorong inovasi dan pemasaran digital.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kementerian Koperasi UKM RI yang dilaksanakan di Banda Aceh bagi pelaku usaha mikro disabilitas yang berdomisili di kota Banda Aceh.

Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 40 peserta dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Banda Aceh, Dr. Samsul Bahri di Arabia Hotel dari tanggal 26 hingga 28 Juni 2024.

Kepala Bidang UKM, Muda Bahlia, SE, M.Si mengatakan Pelatihan ini bertujuan memberikan semangat dan pemahaman positif kepada teman-teman disabilitas agar lebih fokus dalam menjalankan aktivitas di sektor UMKM.

Selain dihadiri oleh Kepala Bidang Diklat dari Kementerian Koperasi UKM RI, acara ini juga menampilkan sesi sukses story dari pelaku usaha di Kota Banda Aceh untuk memberikan inspirasi kepada para peserta.

“Harapannya, pelaku usaha mikro disabilitas dapat bersaing dan berkarya setara dengan pelaku usaha non-disabilitas dalam memajukan UMKM di Banda Aceh,” ujar Bahlia

Ia mengatakan, pelatihan vokasi ini diinisiasi oleh Yayasan Lentera Muda Foundation bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Kota Banda Aceh dan Kementerian Koperasi UKM RI.

Selama pelatihan, mereka diberikan materi tentang inovasi pemasaran digital, promosi usaha mikro melalui media sosial, dan optimalisasi media sosial untuk pemasaran.

“Penggunaan media sosial dipandang efektif bagi teman-teman disabilitas yang memiliki keterbatasan fisik, karena tidak membutuhkan biaya besar atau gudang penyimpanan barang, sehingga dapat meminimalisir biaya operasional,” tuturnya.

Peserta juga diajarkan praktik vokasi dalam membuat toko online, termasuk cara membuat onlineshop atau blog toko online pribadi. Ilmu ini diharapkan dapat membantu mereka membuat toko online yang beragam dan bersaing dengan pelaku usaha non-disabilitas.

Selain itu, mereka diberikan materi praktik bisnis plan untuk melihat peluang usaha yang menjanjikan dengan kebutuhan modal rendah dan optimalisasi keuntungan.

Pelatihan ini juga mendapat dukungan dari forum yang peduli terhadap disabilitas di Banda Aceh.

Pemerintah Kota Banda Aceh merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, terutama mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki. Outcome dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan produktivitas teman-teman disabilitas dalam menjalankan bisnisnya di Banda Aceh.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: