Otomotif

Chery Exeed Exlantix ET: SUV Mewah dengan Daya Jelajah Hingga 2.000 Km

×

Chery Exeed Exlantix ET: SUV Mewah dengan Daya Jelajah Hingga 2.000 Km

Sebarkan artikel ini
Chery Exeed Exlantix Etinstagram standardelectro
Chery Exeed Exlantix ET/(instagram/@_standardelectro)

HABANUSANTARA.NET – Chery, produsen mobil asal Tiongkok, melalui merek premium Exeed, baru saja meluncurkan Exeed Exlantix ET. SUV mewah ini dikenal di pasar Tiongkok dengan nama Sterra ET dan hadir dalam dua varian utama, yaitu EV (Electric Vehicle) dan EREV (Electric Vehicle with Extended Range).

Dengan total delapan varian, Exeed Exlantix ET menawarkan berbagai pilihan menarik bagi penggemar kendaraan listrik. Harga yang ditawarkan berkisar antara 189.800 hingga 319.800 Yuan, atau sekitar Rp413 juta hingga Rp707 juta.

Exeed Exlantix ET merupakan SUV ukuran menengah besar dengan dimensi yang cukup besar dan menawan. Mobil ini memiliki panjang 4.955 mm, lebar 1.975 mm, dan tinggi 1.698 mm, serta jarak sumbu roda yang mencapai 3.000 mm.

Exlantix ET dibangun di atas platform listrik E0X yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik, menjanjikan stabilitas dan performa optimal.

Selain dimensi yang mengesankan, Exeed Exlantix ET juga memiliki desain futuristik dan tangguh. Salah satu fitur desain yang paling mencolok adalah penggunaan 956 lampu LED yang menyatu dengan estetika keseluruhan kendaraan.

Di bagian atap, terdapat LiDar yang mendukung sistem ADAS (Advanced Driving Assistance System), hasil kolaborasi dengan Bosch.

Masuk ke dalam kabin, Exeed Exlantix ET menawarkan pilihan empat warna interior: coklat, abu-abu, hitam, dan ungu. Desain interiornya mengusung konsep minimalis dengan pengurangan jumlah tombol fisik pada dasbor.

Sebagai gantinya, sebuah head unit besar dengan layar 15,6 inci dan resolusi 2,5K menjadi pusat kontrol utama. Panel instrumen digital berukuran 10,25 inci ditempatkan di atas dasbor, memberikan informasi penting kepada pengemudi dengan jelas dan mudah dibaca.

Fitur canggih lainnya termasuk asisten suara berbasis Lion AI, yang dapat membantu pengemudi dalam berbagai situasi. Untuk hiburan, Exeed Exlantix ET dilengkapi dengan 23 speaker yang tersebar di seluruh kabin, menciptakan pengalaman audio yang luar biasa.

Selain itu, terdapat panoramic sunroof besar seluas 2,38 meter persegi yang memberikan kesan lapang dan terang pada kabin.

Kenyamanan juga menjadi fokus utama dengan peredam suara berlapis ganda pada kaca dengan ketebalan 6 mm, yang membantu mengurangi kebisingan dari luar.

Kursi yang fleksibel dapat diatur sesuai kebutuhan, serta kapasitas bagasi standar sebesar 546 liter yang dapat diperluas hingga 1.835 liter dengan melipat kursi belakang.

Untuk versi EV, Exeed Exlantix ET menawarkan beberapa varian dengan spesifikasi berbeda. Varian Pure Electric Pro dilengkapi dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 308 hp dan torsi 425 Nm, serta baterai berkapasitas 77 kWh yang memungkinkan jarak tempuh hingga 625 km.

Varian AWD memiliki motor depan dengan tenaga 164,9 hp dan torsi 238 Nm, serta motor belakang 308 hp dengan torsi 425 Nm. Meskipun baterai yang digunakan sama, jarak tempuhnya sedikit berkurang menjadi 540 km.

Varian Pure Electric Pro Urban Smart Driving menawarkan spesifikasi yang mirip dengan versi Pure Electric Pro, namun dengan beberapa fitur tambahan.

Sementara itu, varian Pure Electric Max hadir dengan motor listrik 308 hp dan torsi 425 Nm, serta baterai 100 kWh yang memungkinkan jarak tempuh hingga 760 km.

Varian yang lebih kuat, Pure Electric Ultra, dilengkapi dengan dua motor: motor depan 245,4 hp dengan torsi 266 Nm dan motor belakang 308 hp dengan torsi 425 Nm. Dengan baterai 100 kWh, varian ini menawarkan jarak tempuh 655 km.

Untuk versi EREV, Exeed Exlantix ET hadir dalam tiga model yang ditenagai oleh motor listrik belakang dan mesin range-extender 1.5T. Baterai lithium iron phosphate 32 kWh dari CATL digunakan untuk mendukung kinerja motor listrik yang menghasilkan tenaga 261,5 hp dan torsi 324 Nm.

Mesin konvensionalnya menghasilkan 154 hp dan torsi 220 Nm. Dengan kombinasi ini, mobil dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,8 detik.

Semua varian EREV menawarkan jarak tempuh listrik murni CLTC sejauh 200 km dan jarak tempuh gabungan CLTC hingga 1.518 km. Exeed bahkan mengklaim bahwa jarak tempuh gabungan yang diukur secara resmi dapat melebihi 2.000 km.

Pengisian daya juga sangat efisien berkat arsitektur bangun 400 volt yang memungkinkan pengisian dari 30 persen hingga 80 persen dalam 28 menit.

Saat ini, belum ada pembicaraan resmi mengenai masuknya Exeed Exlantix ET ke pasar Indonesia. Namun, dengan meningkatnya minat terhadap kendaraan listrik dan premium di Indonesia, bukan tidak mungkin Chery akan mempertimbangkan untuk membawa Exeed Exlantix ET ke tanah air di masa depan.

Chery Exeed Exlantix ET adalah SUV mewah yang menawarkan berbagai keunggulan, mulai dari desain futuristik, interior yang mewah dan canggih, hingga performa yang mengagumkan dengan daya jelajah hingga 2.000 km.

Dengan berbagai varian yang ditawarkan, Exeed Exlantix ET mampu memenuhi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen. Meskipun belum ada rencana resmi untuk masuk ke Indonesia, mobil ini patut diperhitungkan sebagai salah satu pilihan terbaik di segmen SUV listrik dan EREV.

Dengan harga yang kompetitif dan fitur yang lengkap, Exeed Exlantix ET siap bersaing di pasar global dan menarik perhatian para penggemar kendaraan listrik di seluruh dunia.[red]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: