DaerahHeadline

DKA Aceh Besar Siap Semarakkan Kongres Peradaban Aceh II

×

DKA Aceh Besar Siap Semarakkan Kongres Peradaban Aceh II

Sebarkan artikel ini
Ketua DKA Aceh Besar, Mariadi ST MM
Ketua DKA Aceh Besar, Mariadi ST MM

Habanusantara.net – Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar telah menyatakan dukungan penuh untuk pelaksanaan Kongres Peradaban Aceh (KPA) II yang dijadwalkan berlangsung di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh pada tanggal 6 hingga 8 Mei 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua DKA Aceh Besar, Mariadi ST MM di Kota Jantho, Minggu (17/3/2024).

Menurutnya, DKA Aceh Besar, sebagai wadah bagi para seniman dan budayawan, siap untuk berpartisipasi aktif serta menjadi bagian yang penting dalam penyelenggaraan KPA II.

Mariadi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada ISBI Aceh atas inisiatif menggelar KPA II, yang diharapkan dapat memelihara warisan peradaban Aceh dan menghidupkan kembali semangat budaya di Kota Jantho. “Dengan diadakannya acara KPA II di Jantho, kami percaya akan menarik ribuan orang untuk turut serta serta menyaksikan rangkaian kegiatan,” katanya.

“Selain itu, kehadiran KPA II di Jantho juga menjadi peluang untuk mempromosikan pariwisata dan meningkatkan perekonomian lokal,” tambah Mariadi.

KPA II, yang akan menyoroti tema “Pemerkasaan Seni dan Budaya Aceh di Era Kecerdasan Buatan”, direncanakan akan diselenggarakan selama tiga hari di Kota Jantho. Acara tersebut akan melibatkan berbagai kegiatan mulai dari Seminar Internasional, Pameran dan Pertunjukan, hingga 10 Workshop, Kemah Seniman dan Budayawan, Khanduri Budaya, serta berbagai pertunjukan seni dan budaya lainnya.

Diharapkan bahwa KPA II akan menghasilkan sejumlah rekomendasi penting, termasuk pembakuan ejaan bahasa Aceh, pembangunan museum peradaban Aceh, dan bahkan munculnya program studi baru dalam bidang sejarah. “Kami berharap agar KPA II berjalan sukses dan menghasilkan sejumlah rekomendasi yang berdampak positif bagi kemajuan seni dan budaya Aceh,” tutup Mariadi.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close