HeadlinePolitik

PDIP Harap Presiden Jokowi Tetap Netral di Pemilu 2024

×

PDIP Harap Presiden Jokowi Tetap Netral di Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: Anggi/detikcom)

Habanusantara.net – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berbicara terkait netralitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang Pilpres 2024. Hasto mengatakan legacy presiden memastikan pemilu berjalan jujur dan adil.

“Legacy seorang pemimpin termasuk presiden itu adalah di dalam tanggung jawab memastikan pemilu dapat berjalan secara demokratis, jujur, adil dan mencegah suatu perlakuan yang tidak adil, mencegah agar aparatur negara, TNI Polri itu beesifat netral,” kata Hasto.

Hal itu disampaikan kepada wartawan di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 6 Januari 2024, saat menjawab apakah PDIP masih menyakini netralitas Jokowi usai pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto.

Hasto mengatakan menurut Undang-undang Jokowi dituntut untuk netral. Dia mengatakan itu menjadi harapan PDIP.

“Pak Jokowi selaku presiden, kepala negara, kepala pemerintahan, oleh UU dan pranata politik yang baik, norma-norma demokrasi yang baik dituntut untuk netral. Ini yang menjadi harapan dari PDIP dan masyarakat,” ujarnya.

Hasto mengatakan rakyat akan semakin cerdas menyampaikan sikap jika pemimpin bersikap tak netral. Menurutnya, gerakan arus bawah akan semakin besar ketika pihak yang seharusnya netral justru bersikap tak netral.

“Ketika ada pemimpin yang seharusnya netral tetapi tidak netral maka rakyat yang semakin cerdas akan menyampaikan sikapnya. Kita lihat ada ketua RT Jawa Tengah yang berani melakukan perlawanan, ada Ibu Sinta di Unpad berani membela kepentingan mahasiswa,” katanya.

“Jadi gerakan arus bawah ini justru akan semakin membesar ketika pihak-pihak yang seharusnya netral, menjadi tidak netral,” kata Hasto.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close