HeadlinePeristiwaPolitik

Disinformasi Surya Paloh Terbukti Terlibat Korupsi di Kementan, Ini Penjelasan Kominfo

×

Disinformasi Surya Paloh Terbukti Terlibat Korupsi di Kementan, Ini Penjelasan Kominfo

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: Ist/Net

Habanusantara.net – Beredar informasi palsu yang menyebutkan bahwa Ketua Umum Partai NasDem telribat dalam kasus dugaan korupsi di Kemeterian Pertanian (Kementan).

Informasi palsu alias Hoax itu beredar di facebook dalam bentuk video. Dalam thumbnail video, termuat gambar Surya Paloh yang dikelilingi oleh beberapa petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Faktanya, informasi itu tidak benar alias informasi palsu yang sengaja disebarkan oleh oktum tidak bertanggungjawab, untuk memperkeruh suasana.

Kementerian Kominfo pun harus turun tangan menjelaskan disinformasi tersebut kepada publik. Berikut pernyataan lengkap yang dilansir laman resmi Kominfo:

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh terbukti terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Dalam thumbnail video, termuat gambar Surya Paloh yang dikelilingi oleh beberapa petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Faktanya, dilansir dari kompas.com, klaim tersebut adalah tidak benar. Diketahui bahwa gambar yang termuat pada thumbnail video merupakan hasil suntingan dan identik dengan artikel yang dirilis oleh majalah.tempo.co pada 8 Mei 2021 lalu. Kemudian setelah ditelusuri, tidak ditemukan informasi yang kredibel terkait Surya Paloh terbukti terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi di Kementan sebagaimana klaim pada unggahan video tersebut.

 

Dok Kominfo
Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: