Headline

Mengasah Bakat Jurnalistik, Wartawan Senior Aceh Bimbing Peserta UKW

×

Mengasah Bakat Jurnalistik, Wartawan Senior Aceh Bimbing Peserta UKW

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Pwi Aceh Bidang Pendidikan Asnawi Kumar Didampingi Ketua Seksi Pendidikan M Ifdhal Memaparkan Materi Tentang Dasar dasar Jurnalistik Pada Kegiatan Pra ukw Pwi Aceh Di Grand Nanggroe Hotel Banda Aceh Selasa 25 Juli 2023 dok Pwi Aceh
Wakil Ketua PWI Aceh Bidang Pendidikan, Asnawi Kumar didampingi Ketua Seksi Pendidikan, M. Ifdhal memaparkan materi tentang dasar-dasar jurnalistik pada kegiatan pra-UKW PWI Aceh di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, Selasa, 25 Juli 2023. (Dok PWI Aceh)

Haba Nusantara.net – Semangat dan antusiasme peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XVI Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh semakin membara saat dua wartawan senior Aceh, Asnawi Kumar dan T. Haris Fadhillah, memberikan pembekalan berharga pada acara pra-UKW, di Grand Nanggroe Hotel, Banda Aceh, pada Selasa, 25 Juli 2023,

Kegiatan pra-UKW menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para peserta untuk mengasah bakat jurnalistik mereka.

UKW Angkatan XVI yang diikuti oleh 36 peserta ini dibagi menjadi enam kelompok, yakni dua Kelompok Madya dan empat Kelompok Muda, masing-masing terdiri dari enam orang.

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin, menyampaikan bahwa pada angkatan ini tidak ada Kelompok Utama karena jumlah peserta tidak mencapai enam orang untuk satu kelas.

Pra-UKW menjadi momen berharga bagi para peserta untuk mempersiapkan diri sebelum mengikuti ujian sesungguhnya.

Asnawi Kumar, Wakil Ketua PWI Aceh Bidang Pendidikan, memberikan pembekalan tentang dasar-dasar jurnalistik yang meliputi etika, kaidah penulisan, serta teknik wawancara yang efektif. T. Haris Fadhillah, Wakil Ketua PWI Aceh Bidang Hubungan Antarlembaga, memberikan panduan tentang kisi-kisi dan simulasi UKW, sehingga para peserta lebih siap menghadapi tantangan ujian nantinya.

Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin, berharap dengan adanya pembekalan dari dua wartawan senior berpengalaman ini, UKW Angkatan XVI akan mencetak wartawan-wartawan berkualitas yang mampu menghadapi perkembangan dunia jurnalistik yang semakin dinamis dan kompleks.

Ia menekankan pentingnya kompetensi bagi wartawan agar mampu memberikan informasi yang akurat dan berimbang kepada masyarakat.

Nasir Nurdin menyampaikan harapannya agar kali ini tidak terulang seperti UKW Angkatan XV, di mana sejumlah wartawan tidak lulus karena tidak memenuhi standar kompetensi.

“Semoga kali ini semuanya dinyatakan kompeten,” ujarnya penuh harap.

Ketua Seksi Pendidikan PWI Aceh, M. Ifdhal, bertindak sebagai moderator pada acara pra-UKW yang berlangsung selama setengah hari.

Ifdhal mengajak seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengasah bakat jurnalistik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam meliput berita dan menyampaikan informasi kepada masyarakat.

PWI Aceh berharap melalui UKW Angkatan XVI ini, akan terjaring lebih banyak wartawan kompeten yang akan berperan aktif dalam menyajikan informasi berkualitas bagi masyarakat Aceh.

Kesiapan dan semangat para peserta dalam menghadapi ujian sesungguhnya diharapkan akan membawa harapan baru bagi perkembangan industri media di Aceh yang semakin pesat.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: